David Villa Pindah ke Barcelona

source : http://bola.fajar.co.id

David Villa Resmi Gabung Barcelona

MENAKUTKAN. Formasi empat pemain depan yang akan menjadi tumpuan Barcelona di musim 2010/2011. (FOTO-FOTO: REUTERS/AFP)
BARCELONA -- Pada awal musim 2007 lalu, Barcelona membuat gempar Eropa dengan mendatangkan Thierry Henry dari Arsenal. Pelatih waktu itu, Frank Rijkaard, punya lini depan paling menakutkan.

Bayangkan saja, setelah memiliki trisula; Lionel Messi, Ronaldinho, dan Samuel Eto'o, mereka kedatangan Henry, top scorer The Gunners dengan total 226 gol di semua kompetisi dalam sembilan musim. Media-media di Eropa pun memberi julukan “Fantastic Four” untuk kombinasi pemain hebat tersebut.

Sayangnya, "Fantastic Four" tak mampu mendongkrak prestasi Barcelona. Di musim pertamanya, El Barca hanya finis ketiga di Liga Primera dan tersingkir di semifinal Liga Champion. Hasil yang harus dibayar mahal dengan lengsernya Rijkaard dari kursi pelatih.

Menghadapi musim 2010/2011, Barcelona akan kembali hadir dengan "Fantastic Four". Hanya meraih gelar Liga Primera di musim 2009/2010, manajemen El Barca gerak cepat di bursa pemain. Striker David Villa didatangkan dari Valencia dengan kontrak USD 49 juta atau setara Rp 447 miliar.

Villa sudah menjalani tes kesehatan, Jumat, 21 Mei waktu setempat atau Sabtu dini hari Wita, dan langsung diperkenalkan pada publik Catalan di Camp Nou.

Villa, yang akan terikat kontrak empat musim ditambah opsi pada musim kelima, menyebut keputusannya menerima pinangan Barcelona karena ingin merasakan nikmatnya juara. "Saya belum pernah merasakan banyak gelar di level klub.

Saya tak kecewa dengan itu dan sangat menghargai Valencia. Namun, bersama Barcelona, saya sangat ingin mengangkat trofi Liga Champion," ujar Villa seperti dikutip AP, Sabtu, 22 Mei.

Villa yang mengemas 28 gol dalam 45 pertandingan musim lalu mengaku tak akan kesulitan beradaptasi dengan gaya bermain Barcelona. Kehadiran sejumlah pemain timnas Spanyol seperti Andres Iniesta dan Xavi Hernandez akan banyak membantu. Ini pula yang membuatnya menolak tawaran Real Madrid, Manchester United, dan Chelsea yang juga berminat.

"Saya bergabung dengan klub terbaik dunia dan akan bermain bersama (Lionel) Messi, pemain terbaik yang pernah saya lihat. Saya tak sabar lagi berada di kamar ganti Camp Nou," sebutnya.

Dengan hadirnya Villa, lini depan Barcelona akan semakin menakutkan. Untuk stok striker saja sudah ada Messi, Bojan Krkic, Pedro Rodriguez, Zlatan Ibrahimovic, dan Henry. Nama terakhir memang akan dilepas. Namun, tak akan banyak berpengaruh karena bomber asal Prancis tersebut lebih banyak dicadangkan musim lalu.

Untuk formasi "Fantastic Four", posisi yang dulu ditempati Eto'o, Ronaldinho, dan Henry, musim depan akan dihuni Ibrahimovic, Villa, dan pemain muda yang sedang naik daun, Pedro.

Ibra, meski tak tampil hebat di musim pertamanya, masih akan menjadi striker tengah di formasi 4-3-3 andalan Guardiola. Menurut presiden Barcelona, Juan Laporta, bomber asal Swedia tersebut akan menemukan sentuhan aslinya di musim kedua. "Terlalu banyak spekulasi soal Ibra. Namun, kami tak akan menjual dia karena menjadi pembelian terpenting musim lalu," sebut Laporta.

Sementara Villa, saat masih di Valencia atau timnas Spanyol, kerap dimainkan di posisi winger atau gelandang, selain posisi utamanya sebagai ujung tombak. "Bersama Villa kami akan mencetak lebih banyak gol. Dia sangat cepat dan cocok dengan gaya bermain kami.

Villa juga akan bisa dipasangkang dengan Ibrahimovic dan akan beradaptasi dengan cepat," tutur sang kapten, Carles Puyol pada Goal. (ilo)

Komentar

Postingan Populer