Cara Menghemat Penggunaan Baterai

Berikut beberapa yang dapat dilakukan untuk menghemat daya dan energi baterai laptop Anda:

  1. Matikan Bluetooth dan Wireless


Perlu diketahui bahwa bluetooth dan wireless mengkonsumsi banyak energi baterai laptop Anda. Bluetooth dan wireless Anda ketika aktif akan selalu mencoba mencari sebuah perangkat atau jaringan terus-menerus dan ini akan menggunakan energi baterai Anda …~ceritanya itu mencuri diam-diam energi laptop kita :cool: ~… , sehingga tanpa sepengetahuan Anda baterai laptop kita jadi tiba-tiba cepat habis



2. Hindari Penggunaan Laptop di Tempat yang Bersuhu Tinggi


Sebuah ruangan yang mempunyai suhu yang panas menyengat (kaya padang sahara) akan berpengaruh pada usia baterai. Oleh karena itu pilihlah tempat terbaik dengan suhu yang sejuk dan pemandangan yang baik :wink: .




3. Jangan Menggunakan Perangkat Tambahan (External Devices)


Perangkat tambahan seperti usb kabel, usb mouse, dan flashdisk akan mengkonsumsi banyak energi baterai laptop Anda. Oleh karena itu minimalisasikan perangkat tambahan yang menempel ke laptop Anda yang nempel seperti perangko



4. Gunakan Pilihan Power Saving


Jika Anda sekalian cukup …~cerdas :mrgreen: ~… tahu seharusnya Anda sekalian menyadari tentang Power Saving ini. Di windows 7 and vista Anda akan menjumpai pilihan Power Saving dengan mengclick di icon baterai laptop. Jika Anda menggunakan windows xp click pilihan Power Saving yang berada di control panel. Jika Anda sekalian tidak memakai ketiga-tiganya berarti mungkin Anda memakai Mac Os, nah di Mac Os ini kalian dapat menggunakan fitur Power Saving di System Performance




5. Kurangi Brightness LCD laptop Anda


Penggunaan maksimum brightness yang mengakibatkan lcd laptop Anda nyalah seperti senter akan mengkonsumsi daya baterai yang besar, oleh karena itu buatlah layar LCD Anda tidak begitu terang sehingga boleh di kata suram, sehingga penggunaan baterai akan lebih irit …~ga pa-pa lah suram dikit yang penting irit gan wakakak ~…



6. Matikan Program yang Tidak Dibutuhkan


Seperti judul di atas pemakaian begitu banyak program akan meningkatkan kerja processor kita sehingga ia akan mengkonsumsi daya baterai yang banyak juga. Oleh karena itu gunakanlah program seperlunya dan matikan program yang tidak dipakai ketika itu, hindarilah multitasking.


7. Sebisa Mungkin Jangan Menggunakan Multimedia



Akan lebih baik jika kita tidak menggunakan multimedia selama laptop berjalan dengan menggunakan baterainya. Jika Anda terpaksa menggunakannya maka aturlah volume multimedia tersebut serendah mungkin. Dan jika Anda tidak menggunakannya maka buatlah volume laptop Anda dalam keadaan mute.


8. Hindari penggunaan CD, DVD, dan Blue Ray


Cobalah sebisa mungkin untuk menjalankan program dari hardisk Anda. Menggunakan Optical Drive di laptop Anda akan mengkonsumsi cukup banyak daya baterai


9. Pilih Laptop dengan LCD Kecil


Jika Anda ingin membeli sebuah laptop dan mempunyai lebih banyak uang maka usakanlah membeli laptop dengan ukuran LCD yang kecil ;-) . Selain irit energi juga irit tenaga Anda karena berat laptop akan berkurang


10. No Games, Musik And Video



Maksudkah Anda tulisan diatas….


Nah hindarilah sesuatu kegiatan bermain games, mendengarkan musik, dan menonton video. Saya tahu ini akan terasa sulit untuk orang-orang yang suka entertainment tetapi sebuah entertainment mengkonsumsi lebih banyak daya baterai dari yang Anda bayangkan. Kesimpulannya hindari game, musik dan video.



11. Ikuti Aturan Pengisian Baterai


Ketika Anda memulai mencharge laptop maka charge lah laptop Anda hingga 100% full dan isilah ketika indicator baterai menunjukan 7%. Jangan mencopot atau discharge laptop Anda ketika masih mencharge. Ini juga akan menolong Anda untuk meningkatkan umur dari si baterai.



12. Instal Program Penghemat Baterai Laptop



Sekarang ini telah banyak software-software penghemat baterai laptop. Salah satunya yaitu LocalCooling. LocalCooling merpakan software yang dapat membantu Anda untuk dapat menghemat energi baterai laptop sampai 20%. Dengan memakai software ini, selain dapat menghemat pemakaian baterai anda juga ikut berpartisipasi dalam melawan Global Warming… :idea:


Untuk mengunduh nya silahkan klik disini



13. Kurangilah Beban Grafis Laptop Anda



    Grafis yang terlalu tinggi di laptop Anda termasuk dalam hitungan pemakan energi baterai, so kurangilah resolusi layar Anda dan matikanlah driver grafis yang tidak dibutuhkan. Graphic card atau video card sama borosnya seperti hard disk dalam menghabiskan energi baterai.



    14. Pilihlah Hibernate Sebagai Ganti dari Standby Mode




      Fungsi hibernate lebih efisien dalam pengkonsumsi energi dari pada mode standby sehingga boleh dikata lebih hemat energi. Hal ini dikarenakan fungsi hibernate benar-benar mematikan fungsi laptop.



      15. Jaga Kebersihan Baterai



        Bersihkan besi yang menjadi penghubung energi baterai dengan laptop secara teratur bila perlu gosok-gosok sampai kinclong wakakakak, sehingga transfer energi dari baterai anda menjadi lebih efisien tanpa gangguan.



        16. Seringlah Defrag Hardisk Anda




          Dengan mendefrag hardisk menjadikan data-data kita tersimpan dengan teratur sehingga kerja laptop lebih efisien dari biasanya. Lakukanlah hal ini sesering mungkin jika Anda tidak keberatan.

          Komentar

          Postingan Populer