Aplikasi network manager di linux

Apakah anda telah mendapati wireless card bekerja dengan baik di distro GNU / Linux, atau sudah menemukan solusinya melalui hacking menggunakan NDISWrapper, maka kebutuhan anda berikutnya adalah mencari aplikai yang dipakai mengoneksikan komputerke wireless network alias WiFi.

Untuk instalasi wanila basis GNOME dan KDE, aplikasi semacam ini sudah ada dan langsung bekerja. Sayangnya, aplikasi tadi tidak selalu cocok untuk semua orang. Itulah mengapa, tulisan ini mencoba menyuguhkan beberapa aplikasi wireless di GNU / Linux. Selamat memilih.

KnetworkManager

Jika pembaca menggunakan distro dengan desktop KDE, maka inilah aplikasi default yang bakal anda temukan. KnetworkManager adalah pilihan terbaik untuk pengguna KDE yang menginginkan koneksi internet segera tanpa banyak bersusah payah. KnetworkManager mensuport enkripsi WEP, WPA dan WPA Enterprise. Disampinh itu, ada pula support untuk akses dasar dial-up. Dan tentu saja ia menyediakan kemampuan VPN.

Wlassistant

Dikenal juga sebagai Wireless assistant, wlasistant adalah alternative untuk Knetworkmanager. Perbedaan antara KnetworkManager dengan Wlassistant nyaris tak terasa. Utility ini mensupport WEP, WPA dan WPA2.

Network-manager-gnome

Seperti halnya KnetworkManager sebagai aplikasi default untuk pengguna KDE, network-manager-gnome adalah tool koneksi default bagi pengguna GNOME, network-manager-gnome mensupport WEP, WPA dan WPA2

Wicd

Apliaksi ini tidak terpaku pada desktop GNOME atau KDE. Uninstall saja network utility yang anda gunakan sekarang, dan install Wicd. Program ini berjalan mulus di Ubuntu, Fedora dan Arch Linux. Aplikasi ini juga menghadirkan support solid untuk WEP, WPA dan WPA2. Dan tidak seperti network-manager, anda harus memilih WPA Supplicant driver, daripada mengandalkan otomasi WEXT.

WiFi Radar

Seperti halnya Wicd dalam banyak aspek, aplikasi ini dapat dijalankan dari GNOME dan KDE. WiFi Radar mensuport WEP, WPA dan WPA2, akan tetapi, tidak seperti Wicd, anda harus memasukan secara manual nama WPA driver ke boks yang tersedia. Sekarang kita beralih ke aplikasi yang jarang dipakai dan juga tergolong lama

RutilT

Didesain untuk wireless card Ralink chipset, utility tidak dianjurkan untuk digunakan.

GTKWiFi

Kurang mantap untuk koneksi ke jaringan WPA terproteksi. Akan tetapi, GTKWiFi menjalankan tugasnya sejalan dengan GNOME networking-manager yang menggunakan koneksi open dan WEP

Komentar

Postingan Populer