Siapakah Pencipta Lambang Negara "Garuda Pancasila" ?



Sejak masih bayi kita pasti sudah melihat-lihat lambang negara burung garuda. Bahkan di sekolah dasar, kita sudah diperkenalkan dengan lambang negara ini melalui mata pelajaran terkait. Ada mata pelajaran sejarah, PPKn, atau tahun 1970-an dikenal dengan Civics, Pendidikan Pancasila, dan segala macam nama mata pelajaran serupa yang berubah-ubah setiap kali ganti menteri pendidikan. Tapi pernahkah dalam mata pelajaran yang diberikan oleh guru kita itu, dijelaskan siapa pencipta lambang negara kita? Kalau ada yang pernah mendapatkan penjelasan, maka bersyukurlah Anda, karena Anda adalah satu dari sedikit orang Indonesia yang pernah diberi tahu tentang sang pencipta lambang negara itu. Sebab, mayoritas anak bangsa ini, baik yang tidak sekolah maupun yang bersekolah hingga tingkat doktor, tidak tahu siapa si pencipta itu.

Lambang burung garuda itu sebenarnya terinspirasi dari lukisan pada beberapa candi sejak abad ke-16. Di antaranya Candi Dieng, Candi Prambanan dan Candi Penataran. Garuda dilukis di candi sebagai perlambang tenaga pembangunan dan merupakan bukti jenis burung ini sangat dekat dengan mitologi nenek moyang bangsa Indonesia. Pengaruh burung garuda sudah sejak lama ada di dalam kehidupan politik dan kenegaraan. Sebagai misal, Raja Erlangga telah menggunakan tokoh burung garuda sebagai meterai kerajaan. Ini barangkali yang menginspirasi pemerintah kita menerbitkan “Kertas Segel” atau “Kertas Meterai” menggunakan cap burung garuda.

Lalu siapa pencipta lambang negara ini? Dia adalah seorang tokoh nasional yangberasal dari Pontianak. Namanya, Sultan Hamid II, yang terlahir dengan nama Syarif Abdul Hamid Alkadrie, putra sulung sultan Pontianak, Sultan Syarif Muhammad Alkadrie. Ia lahir di Pontianak pada 12 Juli 1913 dengan ayah keturunan Indonesia-Arab. Istrinya perempuan Belanda dengan dua anak.

Sewaktu Republik Indonesia Serikat dibentuk, Sultan Hamid II diangkat menjadi Menteri Negara Zonder Porto Folio. Ketika menjabat menteri negara itu ia ditugaskan Presiden Soekarno merencanakan, merancang dan merumuskan lambang negara Republik Indonesia. Setelah rancangannya berhasil diterima, selanjutnya ditetapkan sebagai lambang Negara Indonesia melalui Peraturan Pemerintah Nomor 66 tahun 1951 tapi peresmiannya telah dilakukansejak 11 Februari 1950.

Komentar

Postingan Populer